Jenis-Jenis Kata Penghubung (Conjunction) Dalam Bahasa Inggris Lengkap Dengan Contoh Kalimatnya

Jenis-Jenis Kata Penghubung (Conjunction) - Banyak sekali jenis kata penghubung didalam bahasa inggris,penting halnya kita mengetahui jenis-jenis kata penghubung tersebut,agar saat kita menggabungkan dua kalimat atau lebih ,kita tahu dan paham jenis kata penghubung mana yang akan kita gunakan untuk menggabungkan dua kalimat tersebut,agar kalimat tersebut menjadi sebuah kalimat yang komplek.

Disini penulis akan mencoba menguraikan beberapa contoh penggunaan konjungsi dalam bahasa inggris,didalam pembahasan kali ini kami akan lebih menekan pada penggunaan Despite, Inspite of, Although, Even Though, dan Though. Jenis kalimat-kalimat tersebut mempunyai arti atau makna yang sama yaitu,meskipun,walaupun,sekalipun,bagaimana pun,dan lebih dulu.

cara menggunakan kata penghubung dalam kalimat bahasa inggris
kata conjunction 

Fungsi Conjunction (Kata Penghubung Dalam Bahasa Inggris)


Konjungsi (conjunction)adalah sebuah kata penghubung yang digunakanuntuk menggabungkan dua buah kalimat,agar kalimat tersebut menjadi sebuah kalimat yang komplek dan benar secara susunanya.

Jenis-jenis konjungsi tersebut mempunyai aturan penggunaan yang berbeda didalam sebuah kalimatnya.berikut bentuk-bentuk penggunaan nya beserta contoh kalimatnya:

Bentuk-Bentuk Penggunaan Kata Penghubung Berserta Contoh Kalimatnya


A. Penggunaan Despite dan In spite of
Despite dan Inspite of mempunyai arti meskipun dan walaupun.keduanya mempunyai arti dan makna yang sama dan penggunaanya dalam sebuah kalimat.diikuti oleh noun dan pronoun.

Berikut contoh kalimatnya:
  1. Despite my father is sick.he was go to work.(meskipun ayah saya sakit,dia pergi untuk bekerja).
  2. Despite I am didn’t have money,I will keep spirit.(meskipun saya tidak mempunyai uang,saya akan tetap semangat)
  3. In spite of my  assigment is hard,I will finish my assigment with good.(walaupun tugas saya sulit,saya akan menyelesaikanya tugas saya dengan baik)
  4. In spite of you poor,I will love you.(walaupun kamu miskin,saya akan cinta kamu).


B. Penggunaan Despite yang tidak diikuti oleh kata depan”of” (Preposition).
Desipite disini digunakan dalam sebuah kalimat tetapi kalimat tersebut akan diikuti oleh kata kata depan”of”(preposition).

Berikut contoh kalimatnya:
  1. Despite the weather is hot,we have followed National Independent day ceremony In school field.(meskipun cuaca panas,kami tetap mengikuti upacara hari kemerdekaan dilapangan sekolah).
  2. Despite You is rich,He is still friendly.(meskipun kamu kaya,kamu tetap ramah).


C. Penggunaan “Although”, “even though”, dan “though”
Jenis penghubung ini dikuti oleh subject dan verb,subject merupakan pokok utama dari sebuah kalimat,sedangkan verb merupakan kata kerja untuk menunjukan apa yang sedang dilakukan oleh si pelaksana atau subject.

Berikut contoh kalimatnya:
  1. Althought my mother is sick,she was cook for breakfast.(meskipun ibu saya sakit,dia masak untuk sarapan).
  2. Althought the road is hard dan slick. He was trip to mountain for holiday.(meskipun jalanya susah dan licin,dia tetap berjalan ke gunung untuk liburan).
  3. Even thought he is stupid,he was very dilegent.(walupun dia bodoh,dia sangat rajin).
  4. Jane was go to school thought her school of too far.(jane tetap pergi kesekolah,meskipun sekolahanya jauh).
  5. I will still merried with Eko thought my family are not allowed me.(saya akan tetap menikah dengan eko walaupun  keluarga saya tidak mengijinkan saya).


D. Penggunaan Despite dan In spite of
Penggunaan disini kedua kata penghubung tersebut (conjuntion) digunakan setelah frasa”In fact that”keduanya bisa diikuti dengan subject dan verb.

Berikut contoh kalimatnya:
  1. Despite In fact that doesn’t true,he still belief with her girl friend.(meskipun kenyataanya tidak benar,diatetap percaya dengan pacarnya)
  2. In spite of In fact that he doesn’t smart,he still can work.(meskipun faktanya dia tidak pintar,dia tetapmdapat kerja).
  3. Despite In fact that she doesn’t pretty,he still to be a artist.(meskipun faktanya dia tidak cantik,dia tetap jadi artis).


E. Penggunaan “Even thought” dan “Althought”
Jenis kedua kata penghubung ini memiliki arti yang sama yaitu meskipun,walaupun,tetapi didalam sebuah kalimat keduanya memiliki peran yang berbeda,dimana Even thought memiliki makna ataupu peranan yang lebih di bandingkan dengan Althought.

Berikut contoh kalimatnya:
  1. Even thought I to be the winner in contes story telling,I still study hard every day.(meskipun saya menjadi juara di pertandingan menceritakan kembali sebuah cerita,saya tetap belajar keras setiap hari).
  2. Even thought her teacher always conseled,Anton still naughty.(meskipun gurunya selalu menasehatinya,Anton tetap nakal).
  3. Even thought Jono is rich,Noni doesn’t want merried with him.(meskipun Jono kaya,noni tidak ingin menikah dengan nya).
  4. Even thought She have much money,she doesn’t happy.9meskipun dia memiliki banyak uang,dia tidak bahagia).


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian beserta contoh dari konjungsi (conjuntion) yang dapat kami sajikan di kesempatan ini,semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian yang ingin mencari materi tersebut sebagai bahan pembelajaran disekolahan atau sebagai bahan refrensi. Terimakasih atas kunjunagan kalian. Kunjungi arikel selajutnya dengan penjelsan dan pokok pembahasan yang lebih menarik dan bisa menambah pengetahuan seperti Penjelasan Tentang Complex Sentences dan juga Contoh Kalimat Tanya Dalam Bahasa Inggris...

Previous
Next Post »

 

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *